Jumat, 02 Agustus 2013

Gambar Persebaran Fauna di Dunia

a. Wilayah Neartik
      Meliputi seluruh wilayah Amerika Utara dan selurh daerah Greenland. Amerika Utara bagian timur terdiri atas hutan gugur, Amerika Utara bagian tengah terdiri atas padang rumput, dan Amerika Utara bagian Utara terdiri atas Hutan Konifer yang luas.
        Fauna : antelop bertanduk cabang tiga, sejenis tupai dari Amerika Utara ( prairie dog ), kalkun, burung biru, salamander, bison dan karibao ( karibu ).
b. Wilayah Neotropik
      Meliputi Meksiko bagian selatan sampai Amerika bagian selatan dan tengah. Diwilayah ini sebagian beriklim tropis dan di zonz selatan beriklim sedang.
       Fauna : kukang, armadillo, alpaka, kelelawar pengisap darah, orang hutan, siamang, trenggiling, menjangan, sejenis babi, kuda, tapir ( yang berbeda dengan tapir Asia ) dan kera.

c. Wilayah Australis
      Meliputi Australis, Selandia Baru, Irian, dan Malukuserta pulau-pulau disekitarnya.
      Fauna : kangguru, trenggiling, koala, kasuari, cenderawasih, kiwi, kura- kura, buaya, kakatua,burung penghisap madu dan burung emu.
d. Wilayah Oriental
     Meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau nya yang dekat, diantaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulewesi, Srilangka, dan Filipina. Sebagian besar wilayah ini beriklim tropis.
     Hewan spesifik di wilayah ini antara lain hariamu, gajah, gibon, orang utan, dan badak bercula satu.

e. Wilayah Paleartik
        Meliputi hampir seluruh daratn eurasia dan Himalaya, Afganistan, Afrika Ingris dan Jepang
        Fauna : bison, landak, kucing kutub, dan menjangan kutub

f.Wilayah Etiopian
Meliputi seluruh daratan Benua Afrika, Madagaskar, dan daratan Arab bagian selatan. Dibagian utara terdapat Gurun Sahara yang merupakan padang pasir terluas di dunia.
            Fauna : Gorila, simpanse, antelop, burung unta, kuda nil, zebra, dan jerapah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar